Monday 15 May 2017

UNSUR-UNSUR SENI RUPA PADA CANDI BOROBUDUR

Assalamualaikum Wr.Wb.

Kali ini saya mau posting tulisan nih tentang Candi Borobudur, soalnya bulan ini saya udah dua kali ke sana, yang pertama bersama rombongan dari kantor mamah saya dan yang ke dua bersama rombongan dari tempat mengajar saya. Ya biar ada manfaatnya saya share aja ya beberapa pengetahuan yang saya dapat dan miliki tentang Candi Borobudur, khususnya yang berkaitan dengan seni rupa siapa tahu bisa berguna bagi kalian yang sedang membuat tugas atau mennyusun penelitian dan lain lain.

Okey kita mulai saja.

Jadi Candi Borobudur itu merupakan candi yang paling terkenal diantara candi-candi lain seperti Candi Prambanan, Candi Mendut, Candi Kalasan dan lain-lain. Kenapa bisa paling terkenal? Pertama karena ukurannya yang paling besar diantara candi-candi lain di Indonesia bahkan di dunia, dan yang kedua karena Candi Borobudur pernah ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia oleh UNESCO pada tahun 1991 (garis bawahi yah, pernah, yang artinya sekarang tidak lagi).

Lokasi Candi Borobudur itu di kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jarak tempuhnya sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta maka dari itu biasanya Borobudur jadi destinasi wisata bagi orang-orang yang berkunjung ke Yogyakarta.

Borobudur adalah Candi Budha, diperkirakan dibangun pada tahun 800 masehi. Diperkirakan kemudian candi Borobudur mulai ditinggalkan dan dilupakan oleh orang-orang pasca masuknya Islam ke Tanah Jawa dan terkubur di dalam lapisan tanah dan debu vulkanik akibat letusan gunung merapi sehingga tertutup oleh pohon dan semak belukar (tetapi penyebab sesungguhnya kenapa Candi Borobudur ditinggalkan belum bisa diketahui dan dipastikan sampai sekarang). Nah, barulah pada tahun 1814 yaitu pada masa penjajahan Belanda orang-orang Belanda dibawah pimpinan Thomas Stamford Raffles menemukan adanya bukit yang dibawahnya terdapat batu-batu berukir (Candi Borobudur yang terkubur) dan setelah itu bukit tersebut di bersihkan oleh sekitar 200 penduduk selama kurang lebih satu bulan maka ditemukan kembalilah Candi Borobudur meskipun saat itu keadaannya rusak parah.

Karena keadaannya yang rusak parah, komisi Belanda yang terdiri dari sejarawan seni dan insinyur Belanda mengajukan proposal pemugaran Candi Borobudur kepada pemerintah, namun karena keadaan Candi Borobudur yang saat itu parah sekali sehingga dana yang diberikan tidak mencukupi dan hanya bisa memperbaiki beberapa bagian saja. Barulah pada tahu 1960 seseorang (saya lupa lagi namanya pernah baca di buku yang membahas tentang candi Borobudur, orang Indonesia kalo gak salah)mengajukan pemugaran besar-besaran kepada pihak Internasional. Dan alhasil pemerintah Indonesia dan UNESCO bekerja sama untuk melakukan perbaikan dan perlindungan terhadap Candi Borobudur secara menyeluruh.

UNSUR-UNSUR SENI RUPA PADA CANDI BOROBUDUR

Kalo ngebahas tentang unsur seni rupa, yang paling dahulu dilihat pastilah bentuknya. Candi Borobudur bisa dikatakan berbentuk stupa raksasa yang memiliki stupa-stupa berukuran kecil di dalamnya. Stupa itu sendiri menurut kbbi.web.id adalah bangunan dari batu yang bentuknya seperti genta biasanya merupakan bangunan suci agama Budha. Genta itu sendiri adalah benda yang bentuknya seperti cangkir terbalik (kalo pemahaman saya seperti lonceng dan semacamnya).
Nah ini nih yang dimaksud dengan stupa, di belakang dan samping kiri-kanan saya itu stupa.


Dan ini bentuk Candi Borobudur bagian depan.


Dan stupa paling besar dan menjadi stupa utama di Candi Borobudur ini yang mana letaknya tepat di tengah dan bagian paling atas Candi Borobudur.


Berikut ini gambaran denah dari Candi Borobudur.


Nah udah nih ngebahas bentuk Candi, lanjut kita ngebahas hiasan-hiasan yang ada di sekeliling Candi Borobudur.
Di sekeliling Candi Borobudur terdapat banyak sekali patung Budha atau yang dikenal dengan itilah arca.
Ada arca-arca Budha yang ditempatkan di tepi-tepi candi, seperti pada gambar di bawah ini.


Ada pula arca Budha yang diletakkan di bagian atas dengan tertutup bangunan seperti arca yang pada gambar di bawah ini.


Dan arca Budha yang terdapat di dalam stupa.
Memang susah untuk kita bisa melihat arca yang ada di dalam stupa karna kita harus mengintip ke sela-sela lubang stupa, tetapi kebetulan terdapat stupa yang dibiarkan terbuka sehingga arca nya kelihatan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Sekilas semua arca Budha di Candi Borobudur terlihat sama, namun sebenarnya berbeda. Perbedaannya terletak pada posisi tangan yang berbeda-beda dari setiap arca Budha. Posisi tangan tersebut disebut mudra. Masing-masing sikap tangan (mudra) memiliki makna tersendiri.

Selain arca Budha, di beberapa sudut candi saya melihat terdapat beberapa patung.  Yaitu patung hewan. Patung hewan ini terletak di samping kiri dan samping kanan pintu atau lawang candi. Katanya sih ini patung singa, tetapi kenapa saya melihatnya seperti patung anjing ya.


Dan ada pula patung yang menempel pada dinding bagian luar candi. Coba anda analisis, patung apakah ini.


Okey sudah membahas patung, selanjutnya kita bahas tentang relief.
Apa itu relief. Relief itu semacam gambar timbul. Nah, Candi Borobudur di sekeliling dindingnya dipenuhi oleh relief. Relief apa? Relief yang menggambarkan aktifitas orang-orang pada zaman didirikannya Candi Borobudur ini.


Coba anda amati dan analisis, menceritakan tentang apa sajakan relief-relief di bawah ini!




Terakhir ada pula relief yang menjadi hiasan pada setiap pintu candi seperti pada gambar di bawah ini. Ini adalah hiasan figuratif yaitu Kalamakara. Kalamakara adalah salah satu sosok dalam cerita Hindu-Budha.


Okey sekian tulisan saya tentang Candi Borobudur, semoga dapat bermanfaat. Amin...


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review
SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free